Friday 18 January 2013

Biologi



Biologi adalah ilmu tentang makhluk hidup. Semua ilmu yang mempelajari secara rinci tentang semua makhluk hidup adalah berada di bawah ruang lingkup biologi. Terdapat varietas makhluk hidup dan aspek yang luas dari studi tentang makhluk hidup dan itulah sebabnya biologi ini dibagi menjadi beberapa cabang untuk memberikan fokus yang cukup pada setiap aspek salah satu bagian pembelelajaran dari ilmu biologi yaitu tentang  Fotosintesis . ( Anonymous, 2012 a )
Tumbuhan hijau merupakan satu-satunya makhluk hidup di dunia yang dapat membuat makanannya sendiri. Oleh karena itulah tumbuhan hijau disebut sebagai produsen (penghasil) makanan bagi makhluk hidup terutama manusia dan hewan. Proses pembuatan makanan pada tumbuhan disebut Fotosintesis.
Proses fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi karena hampir semua makhluk  hidup bergantung pada proses ini. Proses fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi. Fotosintesis merupakan salah satu cara asimilasi karbon, karena dalam fotosintesis karbon bebas dari CO2 diikat atau difiksasi menjadi gula sebagai molekul penyimpan energi. Cara lain yang ditempuh organisme untuk mengasimilasi karbon adalah melalui kemosintesis yang dilakukan oleh sejumlah bakteri belerang.
Tumbuhan bersifat autotrof, artinya dapat memasak atau mensintesis makanan langsung dari senyawa anorganik. Tumbuhan menyerap karbondioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Reaksi fotosintesis adalah sebagai berikut :
6CO2 + 6H2O    C6H12O6 + 6 O2 + energi
Dari reaksi fotosintesis di atas dapat diketahui bahwa hasil dari fotosintesis Atas dasar tersebut diatas untuk menunjang suatu kegiatan pembelajaran yang lebih bisa diamati secara langsung.

No comments:

Post a Comment