Sunday 2 December 2012

Klorofil, Keton, Asam Aminio, Alkanoid, danProtein




klorofil adalah molekul yang didapat dari ekstrak tumbuh-tumbuhan dan dapat berfungsi sebagai sumber energi ataupun obat penyembuh bagi tubuh manusia. Kandungan sejumlah zat alami dalam klorofil dapat melindungi dan menyembuhkan tubuh dari bakteri, virus dan penyakit. klorofil sering disebut juga zat hijau daun
Peran Klorofil :
1.      Menangkap sianar matahari dan mengubahnya .
2.      Memicu fiksasi CO2 menjadi karbohidrat  
3.      Membantu dalam proses fotosintesis.            
4.      Menyediakan dasar energetik bagi ekosistem secara keseluruhan
@ Kromoplas biasanya berwarna kuning, oranye atau merah karena adanya pigmenkarotenoid.
·         Antosianin, adalah zat berwarna merah pada bunga Canna ,warna ungu pada daunColeus dan biru pada tanaman Telng (Clotorea ternatea L.). Memiliki fungsi penangkap sinar. Bunga yang tumbuh ditempatdingin lebih banyak menghasilkan antosianin dari pada tanamanyang tumbuh di dataran rendah.
·                  Akoeritrin merupakan senyawa hidrokarbon, memilki warna merah. Rumus kimianya yaitu C40 H56 dan biasanya terdapat pada buah-buahan.
·         Fukosantin yang memberi pigmen warna pirang.

Definisi klorofil adalah zat warna hijau daun yang terdapat di dalam kloroplas. Kloroplas banyak kita jumpai pada daun. Kloroplas terdiri dari dua bagian yaitu grana dan stroma.

Klorofil pada daun terbagi menjadi dua jenis, yaitu klorofil a dan klorofil b. Klorofil a adalah warna hijau tua pada daun, sedangkan klorofil b adalah warna hijau muda pada daun. Selain itu ada daun memiliki warna kuning, merah tua, ungu dan warna-warna lain yang disebut karotenoid.
·        
Klorofil a merupakan zat yang paling berperan dalam fotosintesis. Sementara warna lainnya disebut juga pigmen, sebagai penunjang yang membantu menampung sinar matahari kemudian disalurkan pada klorofil a. hal ini membantu mempercepat proses fotosintesis

Kloroplas  terdapat pada semua bagiantumbuhanyang berwarna hijau, termasuk  batangdanbuahyang belum matang
Macam” leukoplas
·         Amiloplas, bentuk semiaktif yang mengandung buitir-butir tepung ditemukanpada bagian tumbuhanyang menyimpan cadangan energi dalam bentuk tepung,seperti akar, rimpang, dan batang serta biji..
·         Proteoplas, bentuk semiaktif yang menyimpan dan membentuk protein biji-bijian,menyimpan cadangan makanan berupa protein.
·         Elaioplas, bemtuk semiaktif yang mengandung banyak tetes-tetes minyak ataulemak pada beberapa jaringan penyimpanan minyak seperti Endospermium,Menyimpan cadangan makanan berupa minyak.
·         Lipidoplas,Mentimpan cadangan makanan berupa lemak
Protein adalah molekul besar terdiri dari rantai panjang asam amino sub unit. Beberapa asam amino ini adalah nutrisi penting karena mereka tidak dapat dibuat atau disimpan dalam tubuh dan harus berasal dari makanan dalam diet harian kita.

Protein adalah senyawa organik kompleks dengan berat molekul tinggi, protein merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Protein mengandung molekul karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus

pH adalah kepanjangan dari pangkat hidrogen atau power of hydrogen. pH larutan menyatakan konsentrasi ion H+ dalam larutan

Suatu zat asam yang di masukkan ke dalam air akan mengakibatkan bertambahnya ion hidrogen (H+) dalam air dan berkurangnya ion hidroksida (OH-). Sedangkan pada basa, akan terjadi sebaliknya. Zat basa yang dimasukkan ke dalam air akan mengakibatkan bertambahnya ion hidroksida (OH-) dan berkurangnya ion hidrogen (H+).

Unsur mikro yang mempengaruhi PH tanah adalah: Fe, Al, Mn, B, Ca, Cd. Salah satu unsur hara  yang berlebih menciptakan ketidak seimbangan sehingga kemampuan tanaman untuk menyerap  unsur  hara terhambat. Tanah yang masam tentu memerlukan analisa lebih lanjut.

 sebagian besar sumber alkaloid adalah pada tanaman berbunga, angiosperma (Familia Leguminoceae, Papavraceae, Ranunculaceae, Rubiaceae, Solanaceae,Berberidaceae) dan juga pada tumbuhan monokotil (Familia Solanaceae dan Liliaceae).

Alkaloid sesungguhnya adalah racun, senyawa tersebut menunjukkan aktivitas phisiologi yang luas, hampir tanpa terkecuali bersifat basa; lazim mengandung Nitrogen dalam cincin heterosiklik ; diturunkan dari asam amino ; biasanya terdapat “aturan” tersebut adalah kolkhisin dan asam aristolokhat yang bersifat bukan basa dan tidak memiliki cincin heterosiklik dan alkaloid quartener, yang bersifat agak asam daripada bersifat basa.

No comments:

Post a Comment